Sabtu, 30 Juni 2012

Istilah yang sering digunakan dalam permainan layangan

Permaenan jaman dulu emang ga pernah ada abisnya buat dibahas, sembari nostalgia lah. Dulu sewaktu kita main layangan banyak anak yang mengatakan istilah asing yang tidak ada di kamus bahasa indonesia pada waktu mereka main layangan, entah itu serapan dari bahasa mana, yang jelas mereka selalu menyebutkan istilah ini kalo lagi main, pengen tau apa aja istilah dalam dunia perlayangan? oke baca ini kalo pengen tau..


1.Kenur
Ini adalah salah satu jenis benang yang bersifat tidak tajam, benang kenur ini biasanya dipasang sebelum benang gelasan dipasang, biar pas main yang dipegang benang kenur, sebelum ditemukannya benang gelasa, dulu para pemain layangan pake benang kenur buat ngadu layangan nya, kan tau sendiri benang kenur ga tajem jadinya lama banget nungguin layangannya kalah.

2.Gelasan
Jenis benang yang tajam, kenapa disebutnya gelasan? karena benang ini udah dicampur sama beling2 gelas, jadinya disebut gelasan, karena dicampur ama beling gelas, jadinya tajem. Digunakan untuk ngaduin layangannya, karena setelah gelasan ditemukan, permainan layangan jadi lebih enak, karena ngadunya ga lama, tinggal gesek dikit langsung ada yang kalah. Benang gelasan juga punya fungsi lain seperti buat bikin tali kamah atau ranjau, (ranjau pake benang?). Biasanya gelasan ada cap serta keunggulannya masing masing, kaya cap semut yang bagus digunakan buat main uluran, atau cap pelangi, ada juga cap ngehe.

3.Dudut/selek
Dudut atau selek ini istilah yang digunakan ketika layangan si pemain menyerang layangan lawan, persamaannya bisa disebut "sikat" atau "hajar" (kaya pas lagi nonton bola gituh). Kalo jaman dulu disebutnya dudut kalo ga salah sih ini diabil dari kata bahasa sunda yang artinya hajar juga hoho, seiring berjalannya waktu ga tau dari mana, dateng kata2 selek, kata selek ini sekarang bahkan lebih populer dari pada kata dudut. Dudut atau selek ini adalah salah satu teknik yang paling jitu dalam bermain layangan adu.

4.Juntay/antel
Pernah dengar kan istilah kata juntay kalo misalkan orang jatoh tabrakan dari motornya? nah istilah itu sih sebenernya diambil dari istilah layangan lho... kalo dalam dunia perlayangan juntay itu artinya layangan yang putus. Dan seiringnya waktu berlalu kata juntay ini tidak lagi digunakan dalam dunia perlayangan seperti kata dudut, karena digantikan oleh kata antel yang ga tau serapan dari bahasa mana. sekarang juntay lebih diidentikan kepada seseorang yang jatuh dari motornya karena tabrakan.

5.Bandring
Bandring adalah kegiatan mengambil layangan yang nyangkut menggunakan sebuah alat dari batu yang diikat oleh benang gelasan. dan alat untuk ngebandringnya disebut bandringan. Alat ini umum digunakan cuma buat layangan yang nyangkut karena kalo layangannya masih ada diudara akan lebih sulit didapat kalo pake bandringan. cara make bandringan sih gampang tinggal lempar aja batunya ke benang layangan yang nyangkut terus tarik sampe benangnya turun, pas udah turun tarik benang layangannya dapet deh.

6.Tali kamah
Tali kamah adalah sebuah simpul yang digunakan untuk membuat layangan bisa terhubung ke benang. tanpa ada tali kamah mustahil jika layangan bisa terbang dan dikendalikan (kalo diterbangin doang sih bisa). Tali kamah dibagi dua yaitu tali kamah lilit yang berfungsi untuk ngelilit layangan yang juntay. dan tali kamah anteng yang berfungsi biar layangannya gampang dikendalikan.

7.Ulur
Ulur adalah kegiatan memanjangkan benang agar layangan bisa lebih jauh, uluran juga termasuk teknik ngadu layangan. ada beberapa gelasan yang efektif jika menggunakan teknik uluran seperti gelasan cap semut, cap cai, dan juga cap edeh.

8.Singgit
Singgit adalah keadaan dimana layangan susah dikontrol, biasanya disebabkan oleh tali kamah yang asal asalan atau bisa juga karena layangannya yang rusak.

9.Layangan Peteng
Layangan ini adalah layangan yang sangat ditak
uti oleh layangan adu, setelah kita tanya pada para pemain layangan ternyata kita mendapat dua alasan, pertama kalo misalkan diadu, layangan adu pasti kalah karena layangan peteng itu lebih gede berat dan kuat. yang kedua takut karena kalo misalkan layangan petengnya yang putus gantiinnya mahal bisa sekitar 20ribu (paling murah) makanya para pemain layangan adu takut dan menjauh kalo ada layangan peteng. Layangan peteng ini sih gunannya cuma buat pajangan dilangit doang dan biasannya di naikin paling tinggi dari pada layangan adu.

Contoh layangan peteng
Nah selesai deh, punya istilah lain? silakan share ...

0 komentar:

Posting Komentar