Senin, 24 Desember 2012

Tutorial AUTOCAD

Galang Community - Pagi G-Fans? kali ini saya berkesempatan memenuhi request dari pelanggan tentang Tutorial AUTOCAD. Apa sih AUTOCAD itu? 



Penjelasan Deskripsi AUTOCAD versi Wikipedia :

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.
AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.

Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer, Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto menjadi standard data CAD. Akhir-akhir ini AutoCAD sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD.
AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine.
AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam.

Oke dah lanjut ke Tutorialnya , silahkan dibaca sendiri Tutorial dibawah ini : 
Special Thanks to http://sakisoku.wordpress.com/documents/tutorial-autocad-1/  yang telah menyediakan tutorial ini.

Jangan Lupa Berkomentar jika menghadapi Masalah ^_^



Tutorial AUTOCAD
PRAKTIKUM # 1

Ini adalah file presentasi untuk bahan praktikum CAD. Dipertemuan pertama ini dibahas tentang pengenalan AutoCAD dan dilanjutkan dengan persiapan sebelum menggambar dengan AutoCAD
[DOWNLOAD]

PRAKTIKUM # 2

Di pertemuan ke dua masih dibahas tentang pengenalan AutoCAD. Mengenai dasar AutoCAD serta pennjelasan sistem koordinat. Langsung unduh aja dari link berikut:
[DOWNLOAD]

PRAKTIKUM # 3

Pada pertemuan ke tiga ini kita masih membahas tentang menggambar object dasar, dimana di pertemuan kali ini kita akan bahas mengenai Line, Rectangle dan Circle. Langsung unduh aja dari link berikut:
[DOWNLOAD]

PRAKTIKUM # 4

Pada pertemuan ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang menggambar object dasar, dimana di pertemuan kali ini kita akan bahas mengenai Polygon, Donut dan Arc. Langsung unduh aja dari link berikut:
[DOWNLOAD]

PRAKTIKUM # 5

Pertemuan ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang menggambar object dasar, dimana di pertemuan kali ini kita akan bahas mengenai MULTILINE, ELIPS & TEXT. Langsung unduh aja dari link berikut:
[DOWNLOAD]

PRAKTIKUM # 6

Pada pertemuan ke 6 ini kita akan coba review apa yang sudah kita pelajari sejauh ini dengan  cara membuat beberapa gambar benda/tool/perangkat/ part atau apapun yang berhubungan dengan bidang kita masing-masing.

PRAKTIKUM # 7

Pada pertemuan ke 7 ini kita akan pelajari mengenai Entity Modify atau bagaimana bekerja memodifikasi object yang telah kita buat. akan ada 3 segmen Entity modify kita. Pada pertemuan pertama akan dibahas 1 segmen yang meliputi : COPY, MOVE, ROTATE dan MIROR. Langsung saja unduh materinya di link berikut ini
[ DOWNLOAD ]

PRAKTIKUM # 8

Pada pertemuan ke 8 ini kita akan pelajari bagin ke-dua dari Entity Modify atau bagaimana bekerja memodifikasi object yang telah kita buat. pada bagian ke-dua Entity modify ini akan dibahas mengenai :  SCALE, ARRAY, STRETCH dan TRIM. Langsung saja unduh materinya di link berikut ini
[ DOWNLOAD ]

PRAKTIKUM # 9

Dipertemuan ke 9, kita akan membahas lebih banyak fungsi entity modify yaitu Offset, Extend, Fillet, Line, Type Devide, Point Style, Chamfer, Measure, Viewres, Block, Explode, Hatch, Dimensioning dan  ED. Silahkan download materinya berikut ini :
[DOWNLOAD]

PRAKTIKUM # 10

Mid Semester

PRAKTIKUM # 11

Pada pertemuan ke 11 ini kita akan bahas mengenai sistem layering. Silahkan download materinya berikut ini :
[DOWNLOAD]

PRAKTIKUM # 12

Pada pertemuan ke 12 ini kita akan kita bahas mengenai pengenalan objek 3D kemudian dilanjutkan dengan mempelajari teknik pembuatan 3D yang diawalai dari sebuah gambar objek geometri 2D. Silahkan download materinya berikut ini :
[DOWNLOAD]

PRAKTIKUM # 13

Di pertemuan kali ini akan kita pelajari mengenai gambar dasar 3D Solid dengan menggunakan toolbar solids. Objek dasar 3D solids yang dimaksud adalah Box, Sphere, Cylinder, Cone, Wedge, Torus. Silahkan download materinya berikut ini :
[DOWNLOAD]

PRAKTIKUM # 14

Di pertemuan kali ini akan kita pelajari mengenai: 3D VIEW, 3D SURFACE,3D RENDERING dan 3D Materials. Silahkan download materinya berikut ini :
[DOWNLOAD]

PRAKTIKUM # 15

Di pertemuan kali ini akan kita pelajari mengenai beberapa metode editing pada objek 3D diantaranya adalah INTERSECT, INFERENCE, REVOLVE, 3D ALIGN, UNION, SUBTRACT, SECTION & SLICE. Silahkan download materinya berikut ini :
[DOWNLOAD]

0 komentar:

Posting Komentar